Minggu, 09 Mei 2010

Pidato Bahasa Indonesia Tentang AIDS di kalangan remaja

haha.. kali ini putri lagi baik hati ceritanya..
berdasarkan pengalaman,putri susah banget cari teks pidato bahasa indonesia waktu itu.. teks ini pas banget buat remaja SMP gitu deh,haha sekedar bocoran aja ya, ini pidato buat ujian praktek kelulusan SMPku.. buat yang mau ambil aja :D

Selamat pagi,salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat bapak kepala SMP 1 Galur, yang saya hormati bapak ibu guru dan karyawan SMP 1 Galur, serta teman-teman yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan kasih karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini tanpa kekurangan suatu apapun.

Pada kesempatan ini saya ingin melihat perkembangan kesehatan yang terjadi dewasa ini. Sudah banyak diantara kita yang mendengar berbagai berita tentang AIDS di kalangan remaja. Sebenarnya apa itu AIDS dan bagaimana dampaknya terhadap remaja?? Saya harap dalam kesempatan ini kita dapat belajar bersama sehingga dapat memahami dan mengambil sikap terhadap AIDS itu sendiri.

Saudara-saudara terkasih,AIDS adalah kependekan dari Acquired immune deficiency syndrome, Acquired berarti anda dapat terinfeksi olehnya.Immune Deficiency artinya suatu kelemahan dalam sistem tubuh yang berfungsi melawan penyakit.Syndrome artinya sekumpulan masalah kesehatan yang menyebabkan penyakit. Jadi AIDS adalah kumpulan dari sejumlah penyakit yang mempengaruhi tubuh dimana sistem kekebalan yang melemah tidak dapat merespon, sistem kekebalan tubuh akan terganggu,sehingga penderita AIDS rentan terhadap penyakit dan hal terburuk yang dapat terjadi adalah kematian. Dapatkah anda bayangkan jika banyak remaja Indonesia yang terjangkit AIDS?? Akan banyak remaja yang masa depannya terancam dan sudah barang tentu masa depan bangsa ini akan menjadi taruhannya.Bangsa Indonesia akan terbelakang dalam persaingan ketat negara-negara lain, apakah kalian semua ingin melihat bangsa yang kita cintai menjadi demikian?? Tentu tidak, maka sebagai remaja yang sadar akan tanggung jawab, kita harus dapat memberantas AIDS dari kalangan penerus bangsa. Mengenal dan mengerti apa itu AIDS,adalah hal pertama yang harus kita perhatikan, AIDS disebabkan oleh virus HIV atau human immunodeficiency virus,virus ini menginfeksi komponen vital dari sistem kekebalan tubuh, akibatnya penderita akan mudah terserang penyakit dan jika sudah terserang, penyakit tersebut akan memakan waktu yang lama untuk proses penyembuhannya. Dan sudah barang tentu berbagai kegiatan yang dilakukan akan ikut terganggu. Sampai saat ini, obat AIDS belum di temukan, sehingga praktis banyak korban yang meninggal dan tidak sedikit diantaranya adalah remaja seperti kita. Jadi kita harus waspada dan bersikap bijaksana di saat seperti ini. Bagaimana tidak? Virus HIV yang merupakan penyebab utama AIDS mudah sekali dijumpai di sekitar kita,terutama di lingkup pergaulan remaja yang kurang baik.

Sebenarnya apa dan bagaimana penularan AIDS dapat terjadi? Virus HIV umumnya terdapat di dalam cairan tubuh manusia seperti dalam darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Jadi virus HIV dapat ditularkan melalui transfusi darah, diturunkan secara genetika dari orang tua, penggunaan jarum suntik secara bergantian dan seks bebas. Dua penyebab terakhir yang saya sebutkan tersebut adalah hal yang sangat dekat dengan pergaulan remaja zaman sekarang. Remaja yang masih dalam masa pencarian jati diri banyak yang terjerumus dalam pergaulan buruk, semua berasal dari rasa penasaran dan berlanjut menjadi ketergantungan, jadi kemungkinan kita dapat terjerumus ke dalam lubang itu masih ada. Tidak heran jika banyak remaja Indonesia yang mengorbankan masa depannya bahkan mati sia-sia karena perbuatannya sendiri.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengambil sikap diantaranya selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan jalan ini kita akan selalu dituntun oleh-Nya untuk berjalan di jalan yang benar. Kedua, kita harus terbuka kepada orang tua, dengan sikap ini, kita dapat berbagi dan bertanya serta meminta pendapat orang tua sebagai orang yang lebih berpengalaman untuk ikut memberi arahan kepada kita bagaimana betindak di dalam kehidupan sehari-hari, mereka juga dapat mengarahkan kita agar tidak berlaku di jalan yang salah. Ketiga, selektif dalam bergaul, sikap ini perlu kita terapkan, mengingat banyaknya remaja yang sudah ada di dalam lingkup ‘bahaya’ dan mereka akan terus mengajak temannya yang lain untuk bergabung ke dalam dunianya. Dalam hal ini bukan berarti kita harus memilih-milih teman, hanya saja kita kita harus dapat berkata tidak jika kita mendapat tawaran serupa. Bahkan alangkah baiknya ,jika ada teman yang terjerumus dalam hal tersebut, kita justru harus menasihatinya untuk kembali hidup di di jalan yang benar. Selanjutnya, sikap yang harus kita tanamkan dalam rangka memerangi AIDS di kalangan remaja adalah banyak berfikir dan melakukan hal-hal positif. Dengan jalan yang satu ini kita dapat mengalihkan rasa penasaran kita menjadi hal yang bermanfaat. Sebagai contoh jika kita diajak teman untuk bergabung dalam komunitas pergaulan bebas, dapat dengan mudah kita menolak dengan alasan ada kegiatan lain yang harus kita selesaikan.

Teman-teman yang saya cintai, sudah saatnya kita saling bahu-membahu mencegah dan memerangi AIDS demi masa depan bangsa dan masa depan kita bersama, hari gini kena AIDS? Apa kata dunia? Demikian sepatah kata yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kata yang kurang berkenan di hati saudara, dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf. Akhir kata terima kasih dan selamat pagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar